Advertisement

iklan

Teknik Trading Three White Soldiers Dan Three Black Crows

Penulis

+ -

Three White Soldiers dan Three Black Crows merupakan pola 3 candle dengan sinyal bullish dan bearish yang sangat kuat. Bagaimana cara tepat menggunakan kedua pola tersebut dalam trading?

iklan

iklan

Pada artikel ini, kami akan bahas secara detail mulai dari formasi, cara menggunakan, tips, sampai kelebihan dan kekurangan trading dengan Three White Soldiers dan Three Black Crows.

 

Pola Candlestick Three White Soldiers

Pola candlestick Three White Soldiers adalah pola pembalikan bullish (bullish reversal) dan terdiri dari tiga candlestick. Proses pembentukan pola candlestick ini adalah sebagai berikut:

  1. Pergerakan harga sebelumnya adalah tren turun.
  2. Kemudian terbentuk tiga buah candlestick bullish secara berturut-turut.
  3. Harga pembukaan setiap candlestick harus berada di dalam badan candlestick sebelumnya.
  4. Setiap candlestick harus ditutup lebih tinggi daripada candlestick sebelumnya.

Three White Soldiers

Ketika Anda melihat pola Three White Soldiers pada suatu tren turun, perhatikan baik-baik karena pola candlestick ini merupakan sinyal potensi tren akan berubah. Saat Anda melihatnya, pola candlestick ini sangat mencolok karena menunjukkan tanda "bullish" secara jelas dan kuat. Anda akan melihat badan candle panjang yang menunjukkan tanda buyer masuk ke market atau seller yang melakukan profit taking.

 

Pola Candlestick Three Black Crows

Pola candlestick Three Black Crows adalah kebalikan dari Three White Soldiers. Pola candlestick ini mengindikasikan pembalikan bearish (bearish reversal) dan terdiri dari tiga buah candlestick bearish. Proses pembentukan pola candlestick ini adalah sebagai berikut:

  1. Pergerakan harga sebelumnya adalah tren naik.
  2. Kemudian terbentuk tiga buah candlestick bearish berturut-turut.
  3. Harga pembukaan setiap candlestick harus berada di dalam badan candlestick sebelumnya.
  4. Setiap candlestick harus ditutup lebih rendah daripada candlestick sebelumnya.

Three Black Crows

Jika Anda melihat pola Three Black Crows terbentuk pada tren naik, perhatikan baik-baik karena pola ini akan menjadi tanda awal perubahan tren ke arah downside.

Baca juga: Mengenali Pembalikan Tren Lewat Pola Candle

 

Aturan Trading

Keunggulan dari strategi trading dengan Three White Soldiers dan Three Black Crows adalah tidak perlu menggunakan indikator. Kita hanya menggunakan price action dan melakukan trading berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh harga itu sendiri.

Berikut setup yang bisa dijadikan acuan:

  • Time frame: Seperti strategi trading pada umumnya, akurasi pada time frame tinggi biasanya lebih bagus daripada time frame rendah. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menggunakan strategi ini pada time frame di bawah chart Daily.
  • Pasangan mata uang (pair): Strategi ini bisa digunakan pada semua pair yang sedang trending.
  • Indikator: Strategi ini tidak menggunakan indikator sama sekali.

 

Trading dengan Three White Soldiers

  1. Jika terbentuk pola Three White Soldiers, pasang posisi Buy Stop 3-5 pips di atas harga tertinggi candlestick ketiga.
  2. Letakkan Stop Loss di bawah harga terendah candlestick ketiga.
  3. Letakkan Take Profit pada swing high sebelumnya.
  4. Geser Stop Loss ke harga entry (break even) ketika harga sudah bergerak sebesar jarak Stop Loss atau ketika harga sudah membentuk swing high baru.
  5. Ambil setengah (50%) dari volume transaksi ketika harga sudah bergerak 50% dari Take Profit.

 

Three Black Crows

  1. Jika terbentuk pola Three Black Crows, pasang posisi Sell Stop 3-5 pips di bawah harga terendah candlestick ketiga.
  2. Letakkan Stop Loss di atas harga tertinggi candlestick ketiga.
  3. Letakkan Take Profit pada swing low sebelumnya.
  4. Geser Stop Loss ke harga entry (break even) ketika harga sudah bergerak sebesar jarak Stop Loss atau ketika harga sudah membentuk harga terendah baru.
  5. Ambil setengah (50%) dari volume transaksi ketika harga sudah bergerak 50% dari Take Profit.

Baca juga: 5 Strategi Take Profit Forex Untuk Mengamankan Keuntungan

 

Tips Penting Trading dengan Three White Soldiers dan Three Black Crows

Tidak semua pola Three White Soldiers atau Three Black Crows yang terbentuk pada grafik harus Anda gunakan sebagai sinyal entry. Anda harus memperhatikan konteks dan level harga tersebut.

Gunakan strategi ini pada level penting seperti:

  • Level Support dan Resisten (S&R)
  • Pivot Point
  • Level Fibonacci
  • Level Supply and Demand (S&D), dst.

Jangan pernah trading strategi ini pada level yang tidak penting atau hanya karena polanya saja. Selain itu, Anda juga perlu hati-hati saat trading setelah konsolidasi/sideways. Setelah harga menembus range konsolidasi, biasanya harga akan pullback atau retest. Jika pada saat tersebut Anda sudah entry posisi buy/sell setelah terbentuk pola Three White Soldiers atau Three Black Crows, Anda bisa saja terkena Stop Loss dulu baru harga melanjutkan arah.

 

Kekurangan Strategi Trading Ini

  • Jarak Stop Loss mungkin akan besar karena saat pola Three White Soldiers atau Three Black Crows terbentuk harga sudah bergerak jauh.
  • Terbentuknya pola Three White Soldiers atau Three Black Crows bisa jadi hanya bagian dari koreksi sehingga Stop Loss langsung terkena.

Baca juga: Awas Kemunculan Stop Loss Hunter

 

Kelebihan Strategi Trading Ini

Dalam market yang sedang trending, pola Three White Soldiers atau Three Black Crows akan menghasilkan pips yang cukup besar, khususnya apabila Anda trading pada time frame tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan strategi ini. Uji strategi ini secara backtest ataupun pada akun demo terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada akun riil.

297872
Penulis

Sudah aktif dalam dunia trading sejak 2012 dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Awal mula trading dengan menggunakan EA, dan akhirnya pada 2014 fokus trading manual dengan terus riset pada metode trading. Saat ini, saya merupakan seorang Discretionary Trader yang menggunakan Trend Following dengan metode breakout.